Jumat, 13 Februari 2009

Sumber Perkembangan Potensi Anak

Orang tua mana yang ingin anaknya punya kekurangan atau kelainan. Semuanya berharap bahwa anaknya kelak menjadi orang yang tumbuh besar dengan sempurna. Memiliki anak dengan otak yang cerdas, kreatif, punya keberanian dan sikap positip lainnya tentu inilah yang diharapkan. Namun untuk mencapai semua itu perlu proses dan keterlibatan orang tua khususnya menyangkut pola asuh dan pola didik. Setidaknya para orang tua mengerti dan memahami psikologi anak.



Kapan masa yang paling penting bagi perkembangan potensi anak? Pakar psikologi anak Dr Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto menyatakan bahwa usia balita merupakan masa penting bagi perkembangan potensi seseorang, termasuk rasa percaya dirinya. Perkembangan potensi anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, karena anak akan dengan cepat menirukan dan belajar dari apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan.



Menurut data-data hasil penelitian yang dilakukan oleh salah seorang ahli perkembangan anak dari Universitas Georgia Amerika Serikat, bernama Dr. Keith Osborn, sebagaimana dikutif dari parenting.pustaka-lebah.com ditemukan bahwa perkembangan kecerdasan anak yang sangat pesat terjadi sejak baru lahir sampai usia lima tahun, sehingga hampir 50 persen potensi kecerdasan anak sudah terbentuk pada usia empat tahuan. Kemudian secara bertahapmencapai 80 persen pada usia delapan tahun. Kreativias anak mulai meningkat pada usia tiga tahun dan mencapai puncaknya pada usia setengah tahun. Kreativitas anak akan menurun apabila tidak diupayakan perkembangan potensi kecerdasannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di kolom komentar pidato tema apa yang anda butuhkan?