Rabu, 10 Oktober 2012

Pidato Kepramukaan : Solusi Revitalisasi Pramuka

Contoh pidato ini meliputi contoh pidato dengan tema kepramukaan. Bagi temen-temen yang aktif di kepramukaan bisa menemukan contoh pidato tema kepramukaan disini.

Judul : Pidato Kepramukaan : Solusi Revitalisasi Pramuka

Assalammualaikum wr.wb

Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua
Yang terhormat ibu sari ani,spd selaku guru pembimbing dan teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Puji syukur kita panjatkan kepada ALLAH SWT,yang mana pada hari ini kita semua masih diberi kesehatan sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato saya yaitu mengenai REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA.

Gerakan pramuka tentunya bukan hal yang asing bagi kita. Siapa yang tidak kenal dengan gerakan pramuka? Dari siswa SD,SMP,SMA,MAHASISWA,UMUM serta orang tua kenal dengan gerakan pramuka. Tapi apakah mereka tau apa itu gerakan pramuka???

Sebagaimana kita ketahui kegiatan pramuka saat ini kurang diminati. Kegiatan yang ada dianggap ketinggalan zaman padahal, secara prinsip pendidikan kepramukaan memiliki tujuan yang luhur. Misalnya, bertujuan membentuk karakter kaum muda yang memiliki watak, kepribadian serta akhlak yang mulia.

Tujuan itu cukup relevan dengan fokus pembangunan karakter bangsa yang menjadi prioritas saat ini. Untuk itu revitalisasi gerakan pramuka layak untuk didukung.

REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA adalah pemberdayaan gerakan pramuka yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan dan berencana untuk lebih meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka serta memperkokoh eksistensi organisasi gerakan pramuka.

Tujuan revitalisasi ini antara lain agar gerakan pramuka dapat diterima dan diminati oleh kaum muda sebagai pilihan dalam proses belajar berorganisasi dan dapat dipercaya sebagai wahana membentuk watak dan mengembangkan kepribadian kaum muda dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan melaksanakan kegiatannya secara cerdas dan gemilang, dapat membantu menangkal serta membantu menyelesaikan masalah kaum muda,juga dapat diterima sebagai institusi yang menyelenggarakan pendidikan bela Negara.

REVITALISASI PRAMUKA sangat diperlukan karena saat ini minat pelajar dan mahasiswa terhadap pramuka terus menurun.bentuk dan metode kegiatan juga tidak lagi sesuai dengan perkembangan kehidupan kaum muda saat ini.

REVITALISASI PRAMUKA dianggap penting karena gerakan kepanduan merupakan pendidikan informal.

REVITALISASI PRAMUKA dipandang sebagai bagian dari revitalisasi system dan manajemen pendidikan nasional. karena dengan REVITALISASI PRAMUKA diharapkan dapat dilakukan secara terencana, sistematis, dan berkelanjutan.

Beberapa prinsip yang diterapkan dalam kegiatan kepramukaan yaitu mengandung unsur-unsur edukatif. Mengajarkan hidup sederhana dan sikap mandiri, prinsip kehormatan dan sistem tanda kecakapan serta penerapan sistem mengasuh.

Bila dicermati, kegiatan kepramukaan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengembangan minat dan bakat juga pembentukan karakter seorang individu. Tidak dipungkiri kegiatan-kegiatan kepramukaan turut membentuk karakter individu kepribadian tangguh. Materi-materi dilapangan memerlukan konsentrasi, kecakapan, keuletan, dan kondisi fisik yang prima.

Anggota pramuka dihadapkan pada berbagai situasi dan kondisi,medan dan cuaca yang berubah-ubah, halangan maupun tantangan lainnya sebagai bentuk tempaan bersifat fisik serta mental.

Dalam kegiatan kepramukaan, unsur edukatif dikembangkan. Kegiatan mengemas dan mengikuti acara seminar, perkemahan, renungan suci, muspanitra atau pelantikan anggota, mengandng nilai-nilai positif seperti belajar berorganisasi, memupuk semangat gotong royong, menambah wawasan, melatih kepemimpinan, dan memiliki rasa tanggung jawab.

Anggota pramuka pun memiliki keleluasaan dalam berkreasi, berinspirasi, berimajinasi, untuk dituangkan dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan yang pada dasarnya pengembangan potensi diri anggota pramuka.

Tak sedikit pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang diperoleh dari kegiatan tersebut, yang berguna saat para anggota pramuka terjun kedalam masyarakat.

Gerakan pramuka juga menyiapkan kaum muda Indonesia untuk mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosio-intelektual, dan fisik yang kuat sehingga diperoleh generasi unggul yang berkontribusi besar bagi kemajuan bangsa ini.

Pendeknya banyak sekali manfaat positif yang bisa kita raih dari kegiatan pramuka. Karenanya REVITALISASI terhadap gerakan pramuka sangat penting dilakukan. Pramuka adalah salah satu wadah generasi bangsa untuk dibina sehingga menghasilkan generasi yang berkepribadian , berwatak, dan berbudi luhur, beriman dan bertakwa, cerdas serta terampil.

Demikian yang bisa saya sampaikan, saya ucapka terima kasih. Wabillahitaufikwallidayah assalammualaikum wr.wb dan selamat sore

SALAM PRAMUKA !!!!
(dianriathepinkpinkedevil.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di kolom komentar pidato tema apa yang anda butuhkan?