Sabtu, 14 Februari 2009

Kapan hari Pemuda Sedunia?

Mungkin di antara para remaja ada yang belum tahu kapan hari pemuda sedunia. Kapan di cetuskannya ? berapa kali sudah diperingati ? apakah ada tema dan kegiatan khusus setiap peringatannya ? dan sebagainya. Dalam Artikel kali ini di sajikan beberapa uraian yang mungkin bisa menjawab pertanyaan - pertanyaan di atas tadi.



(Kriwuliciuz.multiply.com) : Tidak banyak yang tahu apabila tanggal 12 agustus sejak 6 tahun lalu diperingati sebagai hari remaja sedunia. Hari remaja sedunia merupakan implementasi dari kepedulian remaja dunia terhadap masalah global.

Ketika mulai diperingati tahun 2001 lalu, tema utama yang didengungkan adalah kesehatan dan pengangguran. Sungguh luarbiasa, mengingat kebanyakan dari remaja biasanya egois dan hanya bisa hura-hura.

Tahun selanjutnya tema yang diusung sedikit berbeda, namun tetap mengangkat isu yang jarang dibahas oleh remaja kebanyakan, yaitu now and the future, peringatan tahun 2002 dimulai dengan petisi bahwa remaja haruslah mempunyai pemikiran untuk terus berkembang dan maju.

Tahun 2003 tema yang diusung adalah remaja dan bagaimana cara untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan produktif untuk setiap remaja dimasa depan. Karena remaja haruslah memiliki harapan atas sebuah pekerjaan yang bisa menghidupi mereka dimasa depan. Sehingga tidak lagi menjadi beban bagi masyarakat.

Tahun 2004 hari remaja sedunia mengangkat tema masyarakat antar generasi. Tema ini dipilih karena PBB ingin menekanakan akan pentingnya solidaritas atau kesetiakawanan dan mempererat ikatan dalam keluarga serta masyarakat luas. Karena diperkirakan ketergantungan remaja akan keluarga dan masyarakat akan meningkat.

Seperti tahun 2005 hari remaja sedunia mengangkat tema WPAY +10 (World Programs of Action for Youth) and making commitment mater. Disini kepedulian remaja ditantang, dimana akan dibuat sebuah program kepedulian remaja terhadap masalah sekitar dan evaluasi setiap 10 tahun. Disini kita melihat, bahwa remaja dunia sudah mulai mengenal dan menerapkan (need for achievement) dalam hidup mereka. Sedang kita mahasiswa yang katanya sudah dewasa pernah melakukan apa? Hedon?.

Tema tahun 2006 yaitu stand up against poverty. Sebuah tema yang diangkat sebagai bukti kpedulian mereka kaum remaja terhadap kemiskinan global, tema tahun itu diangkat dengan harapan bahwa remaja dapat melihat dan ikut berpartisipasi dalam melakukan suatu perubahan ditengah kehidupan masyarakat terutama untuk memerangi kemiskinan di lingkungan sekitar mereka. Nah, sudahkah kita mahasiswa yang mengaku sudah dewasa melakukan sebuah aksi nyata seperti mereka “adik remaja”? atau masih berkutat pada wacana tiada akhir dan terus demo tanpa arah dan tujuan yang jelas? Maaf bukan sok hebat dan sok ngatur, tapi alangkah baiknya mulai berusaha dengan tindakan kecil tapi nyata dibandingkan sebuah pemikiran dan wacana yang hanya akan membuat badan dan tubuh kita capek.

Tema international tahun ini ( 2007 ) adalah “ be seen, be heard : youth participation development ”.tema ini diambil bertujuan untuk menunjukan eksistensi remaja dalam kepedulian dan kemampuan mereka terhadap masalah global. Tema ini juga diambil dengan tujuan bahwa remaja memiliki hak untuk dilihat, didengar dan diakui. remaja harus berpartisipasi aktif terlibat dalam pembangunan, terutama sebagai bagian yang aktif untuk mengatasi sumber masalah yang memberikan dampak buruk bagi kehidupan remaja itu sendiri.
Dengan turut sertanya remaja dalam proses pembangunan diharapkan mereka tidak canggung lagi dan kaget melihat segala permasalahan di masa depan. Hal inilah yang belum pernah atau bahkan di sepelekan di Indonesia. Remaja selalu dianggap sebagai subjek yang tidak tahu apa-apa dan belum waktunya mikir yang “berat-berat”. Sehingga saat mereka masuk kedalam masa awal kedewasaan mereka menjadi kaget dan tidak bisa bertahan melawan kerasnya hidup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di kolom komentar pidato tema apa yang anda butuhkan?