Sabtu, 14 Februari 2009

Data Kasus Aborsi Remaja




Begitu parahkah pergaulan para remaja sehingga mereka tidak sayang kepada dirinya. Begitu parahkan logika dan akal sehat para remaja sehingga rela memberikan keperawananya kepada kekasihnya yang nyata - nyata belum nikah. Keperawanan sang gadis remaja begitu murahnya di serahkan hanya untuk sekedar menunjukkan bukti bahwa ia sayang kekasihnya. 28,5 persen para remaja telah melakukan hubungan seksual pra nikah. Inilah fakta yang sangat menghkawatirkan. Hai para remaja, memang kondisimu dalam keadaan bimbang mencari jati diri, rasa keingin tahuan dan terus mencoba sangat menggebu namun tak harus engaku celakakan dan jerumuskan dirimu kelembah penyiksaan bagimu. Ayo arahkan pikiran mu ke arah positif, dunia sayang kalian, tuhan sayang kalian. Apakah justru kalian sendiri yang tidak menyayangi diri sendiri. Andai kamu sudah tidak sayang lalu siapa lagi.

"Peduli setan dengan anda?" mungkin ingin yang kamu akan ucapkan kepada saya. baiklah saya tidak ingin campur tangan kepada kehidupan dan kebebasan anda, tetapi ijinkan saya menyampaikan fakta ini.

(Antara news): Jumlah kasus pengguguran kandungan (aborsi) di Indonesia setiap tahunnya mencapai 2,3 juta, dan 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.

"Kehamilan yang tidak diinginkan (KTD) pada remaja menunjukkan kecenderungan meningkat berkisar 150.000 hingga 200.000 kasus setiap tahunnya," Kata Luh Putu Ikha Widani dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kita Sayang Remaja (Kisara) Bali di Denpasar Senin.

Ia mengatakan, servei yang pernah dilakukan pada sembilan kota besar di Indonesia menunjukkan KTD mencapai 37.000 kasus, 27 persen di antaranya terjadi dalam lingkungan pranikah dan 12,5 persen adalah pelajar.

Ikha Widani menjelaskan, selain kehamilan yang tidak diinginkan perlu mendapat menanganan secara serius, juga menyangkut penderita HIV/Aids, mengingat 50 persen lebih menimpa kelompok usia 19-25 tahun dengan kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan sekitar 28,5 persen para remaja telah melakukan hubungan seksual pra nikah dan sepuluh persen di antaranya mereka akhirnya menikah dan memiliki anak, ujar Ikha Widani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di kolom komentar pidato tema apa yang anda butuhkan?