Senin, 23 Maret 2009

Belajar Otodidak

oleh : Sunaryo Saripudin S.Pd.

Autodidak atau biasa disebut Otodidak, secara bahasa, memiliki pengertian "orang yang mendapat keahlian dengan belajar sendiri." Setiap orang dapat melakukan itu dengan satu kunci : KEMAUAN.



Mengingat kondisi ekonomi semakin memburuk dan tidak menentu sehingga masyarakat tidak bisa menerima pelayanan pendidikan secara wajar dan memadai maka model belajar otodidak kiranya perlu diperkenalkan secara serius kepada mereka.

Memang untuk menjadi seorang ilmuwan diperlukan sarana sekolah formal, namun itu bukan segala-galanya. Sejarah telah mencatat begitu banyak orang menjadi ahli dan tahu banyak ilmu walaupun tidak melalui bangku sekolah.

Prof. HAMKA menjadi ahli agama dan sastra, Ibnu abbas menjadi faqih dalam agama, Thomas Alva Edison menjadi penemu lampu pijar, Taufik Savalas menjadi pembawa acara dan artis komedi sukses. Apakah lewat sekolah formal? Ternyata tidak. Mereka belajar secara otodidak.

Jadi bagi yang terlanjur putus sekolah maka tidak usah khawatir, peluang besar bagi anda sedang menunggu du depan untuk anda raih. (Sumber:B1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di kolom komentar pidato tema apa yang anda butuhkan?