Sabtu, 21 Februari 2009

Caleg Bermasalah Jawa Tengah

Apakah anda sepakat dengan pernyataan ini?
Silahkan beri komentar, tanggapan, dan sebagainya.
--------------------------------------------------------------------------------------------------



Pemilu 2009 : Ada banyak caleg bermasalah yang perlu kita bersama ketahui. Hal ini sebagai pertimbangan dalam hal kita mengambil sikap atau menentukan siapa yang akan kita pilih pada PEMILU 2009, yang tinggal hitungan hari. Pemilu 2009 ini mari kita jadikan moment penting perubahan Bangsa menjadi bangsa yang bermartabat, bangsa yang di segani dunia Internasional dan bangsa yang bersih dari Korupsi.

Pasal 50 ayat 1 huruf g UU 10/2008 tentang Pemilu disebutkan, seorang caleg tidak boleh pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Dalam kasus korupsi ancaman hukumannya adalah 20 tahun.

Dari penelusuran SINDO, sebagaimana dikutif dari mampus.wordpress.com diungkapkan bahwa ada beberapa caleg yang pernah terlibat masalah hukum. Mereka adalah Mardijo yang dicalonkan oleh PDP di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng) I nomor urut 1.

Mantan Ketua DPRD Jateng itu sebelumnya divonis satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun pada awal tahun ini.Mardijo divonis terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan negara Rp 14,8 miliar.

Selain itu,DCS juga masih mencantumkan beberapa nama caleg yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Dirjen Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri (Depdagri) Oentarto Sindung Mawardi yang merupakan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran di beberapa daerah.

Oentarto dicalonkan di dapil Sulawesi Barat nomor 1 dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).Kemudian, Laksamana Sukardi yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung dalam kasus penjualan kapal tanker pertamina very large crude carrier (VLCC). Dia dicalonkan di dapil Jawa Timur I nomor 1 dari PDP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di kolom komentar pidato tema apa yang anda butuhkan?