Sabtu, 21 Februari 2009

Berkarir Namun Tetap Bisa Memberi Pengasuhan yang Baik Untuk Anak




Sebagai ibu mungkin Anda bertanya "Bagaimana saya bisa tetap berkarir namun masih bisa memberi pengasuhan yang baik buat Anak Saya?" Kiranya pertanyaan ini sebagai wujud kasih sayang seorang ibu kepada anaknya dimana satu sisi ia ingin berkarya dan punya pendapatan di sisi lain ingin anaknya menerima pengasuhan yang baik.

Betul apa yang disampaikan
dosen Psikologi UGM, Dra. Budi Andayani MA, alumnus La Trobe University Victoria Australia yang dikutip dari psikologi.net. bahwa secara umum, sekarang ini orangtua berkeinginan sukses mengasuh anak, tetapi juga sukses berkarir.

Makanya ada yang menyerahkan pengasuhan anaknya ke pihak keluarga dekatnya (kerabat), ada ke yang ke tetangganya, ada yang khusus ke babysister (pengasuh anak), bahkan saya pernah baca juga ada tempat khusus penitipan anak. selama orang tuanya kerja.

Dalam realitas seperti ini, Dra. Budi Andayani mengingatkan bahwa orangtua harus mengukur kemampuan diri, baik tenaga, pikiran juga kemampuan ekonomi,” kata bersemangat.

Kaitannya dengan memilih orang yang akan mengasuh anak, tentu tidak boleh sembarangan. Sebagai orang tua anda harus sangat selektif. Jika salah memilih pengasuh bisa - bisa tumbuh kembang anak baik pisik, mental maupun prilakunya sebagaimana yang diharapkan justru bisa sebaliknya.
“Kalau perilaku itu baik, bijak, orangtua sering menerima dengan senang hati dan kegembiraan. Sebaliknya, kalau perilaku itu buruk yang rugi adalah orangtua itu sendiri, anak akan tumbuh tidak semestinya,” kata Dra. Budi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis di kolom komentar pidato tema apa yang anda butuhkan?